Praetoriancomp.com

Blog Pribadi dan Info Terkini | Hobi Moto

Senin, 20 Mei 2019

5 Trik Supaya Pengajuan Pinjaman Dana Bisnis Disetujui

Pinjaman Dana

Memiliki bisnis memang tidaklah mudah karena mesti siap menghadapi berbagai risiko yang ada. Bahkan risiko tersebut terkadang hanya bisa diselesaikan dengan melakukan pinjaman dana. Namun seperti yang diketahui bahwa melakukan pengajuan pinjaman ini bukanlah perkara yang mudah. Untungnya, ada 5 trik supaya pengajuan pinjaman untuk bisnis tersebut disetujui. 

1. Lakukan Riset Secara Mendetail Terlebih Dulu
Trik pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan riset secara mendetail terlebih dulu. Kesalahan banyak orang selama ini adalah langsung melakukan pengajuan pinjaman tanpa melakukan persiapan terlebih dulu. Salah satu bentuk persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset yang mendetail terhadap kebutuhan ketika melakukan pinjaman. 

Bukan tanpa alasan soalnya pihak pemberi pinjaman biasanya akan melakukan pemeriksaan secara mendetail akan kelayakan bisnis yang Anda miliki. Apabila bisnis tersebut dianggap layak maka pinjaman bisa didapatkan. Namun apabila kelayakan tersebut tidak didapatkan maka sudah dipastikan bahwa pinjaman tersebut gagal didapatkan dan akan lebih menyusahkan bisnis Anda.  

Jadi penting sekali untuk mempelajari secara detail apa saja persyaratan yang mesti dipenuhi oleh bisnis Anda hingga dianggap layak. Selain itu, riset juga berguna untuk menemukan pihak peminjam dana yang sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan Anda. Terutama pastikan juga bahwa cicilan yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan dan bunga juga tidak tinggi. 
2. Pastikan Memiliki Tujuan Bisnis yang Jelas
Sebagai seorang pebisnis maka sudah menjadi hal yang wajib bagi Anda untuk memiliki tujuan bisnis yang jelas. Bukan tanpa alasan karena nyatanya tujuan bisnis ini juga akan mempengaruhi kelancaran Anda ketika ingin mengajukan pinjaman. Perlu diketahui bahwa pihak pemberi pinjaman bisa dibilang akan sangat ketat menyeleksi mana yang pantas diberi pinjaman.
Salah satu cara mereka mengetahuinya adalah dengan menanyakan tujuan bisnis Anda untuk ke depannya. Soalnya dengan mengetahui tujuan bisnis ini maka mereka bisa mengetahui sejauh mana Anda serius terhadap dana pinjaman tersebut dan bagaimana mengelolanya nanti. Selain itu, tujuan bisnis yang jelas juga meyakinkan mereka bahwa Anda mampu membayar pinjaman. 
Jadi sangat penting sekali bagi Anda untuk memiliki atau mempersiapkan tujuan bisnis secara jelas dan juga meyakinkan. Selain itu, untuk menambah kepercayaan kepada pihak pemberi pinjaman maka Anda juga bisa menambahkan berbagai faktor mendukung lainnya. Mulai dari penjelasan secara detail kelebihan produk bisnis Anda hingga penghargaan yang diterima.  

3. Tentukan Jumlah Pinjaman Secara Jelas
Satu hal penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja adalah Anda mesti mengetahui dengan jelas jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Jangan pernah, Anda bermain dengan mengira-ngira ketika melakukan pinjaman dana. Soalnya apabila Anda melakukan hal ini maka pada akhirnya Anda yang akan disusahkan sendiri apabila pinjaman yang diberikan tidak sesuai ekspektasi.  

Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk menentukan dengan detail dan juga jelas akan jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Bahkan tidak ada salahnya untuk melakukan penghitungan sendiri guna mengetahui berbagai kebutuhan dari bisnis Anda yang membutuhkan dana secepatnya. Selain itu, maka Anda bisa menyampingkannya terlebih dulu.  

Jangan lupakan juga untuk mengetahui arus kas dari bisnis yang Anda miliki. Soalnya masih banyak orang yang terlalu memandang sebelah mata hal ini. Padahal apabila arus kas ini tidak sesuai dengan kebutuhan pinjaman maka pinjaman tersebut bisa dibatalkan secara sepihak. Sesuatu yang pastinya akan merugikan diri Anda sendiri dan juga bisnis yang dimiliki.  

4. Miliki Karakter yang Bisa Dipercaya
Karakter yang dimiliki ternyata menjadi modal penting bagi setiap pebisnis yang ingin memajukan bisnis yang dimiliki. Tidak terkecuali bagi pebisnis yang ingin melakukan pengajuan pinjaman uang terhadap bisnis yang ditangani. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata pihak pemberi pinjaman nyatanya sangat memperhatikan karakter dari pihak peminjam.  

Pastikan bahwa Anda memiliki rekam jejak karakter yang dapat dipercaya dan juga positif. Jangan sampai ternyata Anda memiliki rekam jejak karakter yang ternyata tidak disukai bahkan memiliki rekam jejak kriminal. Soalnya hal tersebut sudah hampir dapat dipastikan akan membuat Anda gagal mendapatkan pinjaman yang dibutuhkan tersebut.  

5. Kapasitas yang Dimiliki
Hal terakhir yang mesti Anda perhatikan adalah kapasitas yang Anda miliki ketika menjalankan bisnis tersebut. Bukan tanpa alasan karena nantinya pihak pemberi pinjaman akan mengukur kemampuan Anda dalam mengelola finansial dari bisnis tersebut. Bahkan ada sebagian yang akan mencari tahu kondisi perusahaan dan aset perusahaan yang dimiliki secara lengkap.  

Hal itu tentunya dilakukan dengan tujuan untuk meyakinkan pihak pemberi pinjaman bahwa Anda memang pantas mendapatkan pinjaman tersebut. Tentunya pihak pemberi pinjaman tidka ingin memberikan dana pada pihak yang salah. Jadi penting sekali bagi Anda untuk memantaskan diri terlebih dulu. Supaya bisa mendapatkan pinjaman yang telah diinginkan.  

Dengan semua penjelasan di atas tentunya membuat Anda sadar bahwa bukan perkara yang mudah untuk pengajuan pinjaman. Penting sekali bagi Anda untuk memenuhi diri dengan berbagai informasi yang berguna dan mendukung. Untungnya, kalian bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit/ untuk mendapatkan berbagai informasi berguna lainnya.

1 komentar: