Blog Pribadi Parto | Info Terkini | Hobi Moto

Sabtu, 07 September 2019

Bau Kaki? Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bau Kaki

Bau kaki dapat menimbulkan gangguan yang cukup serius terlebih pada kepercayaan diri Anda. Bagi Anda yang memiliki masalah ini, tentu akan merasa tak nyaman bila harus berkumpul dengan banyak orang. Sebenarnya, apa penyebab bau kaki ini dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia!

Penyebab
Masalah yang satu ini seringnya dipicu oleh kondisi kaki yang lembap dan keringat berlebih pada bagian kaki. Pada dasarnya, kelenjar keringat yang ada di bagian itu bertugas menjaga kesehatan dan kelembapan kulit Anda serta mengatur suhu tatkala cuaca panas atau saat sedang berolahraga. 

Hanya saja, kelenjar yang ada di bagian kaki ini jumlahnya lebih banyak dibanding tempat lain. Biasanya, bisa menghasilkan keringat berlebih bila Anda sedang stres atau memakai sepatu dalam jangka waktu lama. Beberapa kondisi lain yang bisa jadi penyebab masalah ini menyerang adalah kurangnya kesadaran menjaga kebersihan.

Selain itu, bisa juga terjadi karena mengenakan sepatu atau sandal yang sama dalam waktu cukup lama dan berhari-hari. Masalah ini juga bisa terjadi karena perubahan hormon. Biasanya, ini terjadi pada remaja ataupun ibu hamil. Paling sering terjadi karena infeksi jamur. Hal ini bisa membuat kaki Anda berbau busuk.

Cara Menghilangkannya
Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Pertama, Anda harus rajin mencuci kaki setiap hari dan keringkan dengan benar hingga ke sela-sela jari. Selain mencuci, disarankan Anda juga harus merendam kaki di dalam air garam dan cuka selama lebih kurang 10 menit setiap harinya.

Sebab, air garam dan cuka bisa mengatasi masalah bau kaki. Anda juga harus menjaga kebersihan kuku kaki dengan baik di antaranya adalah dengan memotongnya secara teratur. Cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi bau kaki adalah dengan menggunakan sepatu kanvas atau yang berbahan kulit.

Sebab, pilihan sepatu ini memungkinkan kaki Anda bernapas daripada memilih sepatu dengan bahan plastik. Saat cuaca panas, ada baiknya Anda memilih alas kaki terbuka saja seperti sandal. Jangan menggunakan sepatu yang sama berturut-turut selama beberapa hari. Sepatu juga harus dicuci secara rutin.

Untuk penyimpanan sepatu, simpanlah di tempat kering dan terang agar bakteri tak tumbuh dan tambahkan bungkus soda kue agar sepatu tak lembap. Ada baiknya Anda menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu dan pilihlah yang terbuat dari bahan katun atau wol karena bisa membantu kaki Anda bernapas dan tidak terlalu sesak.

Atasi dengan Deodorant Spray
Bukan hanya ketiak saja yang bisa diatasi baunya dengan deodoran. Kaki juga bisa. Di luar sana, ada banyak produk deodoran khusus kaki yang bisa Anda coba. Deodoran ini berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan memberikan aroma segar pada kaki. Anda hanya perlu menyemprotkan deodoran pada kaki saja sebelum menggunakan alas kaki.

Salah satu merek deodoran untuk kaki yang bisa Anda pilih adalah Rexona. Rexona juga memiliki beberapa varian untuk deodoran ini seperti Women Antibacterial Defense Deodorant Spray. Deodoran ini bisa menberikan perlindungan menyeluruh pada kaki dan badan agar tidak bau terlebih dari bau yang disebabkan oleh bakteri.

Nah, bagaimana? Kini, Anda tak perlu khawatir lagi dengan masalah bau kaki. Cukup gunakan deodoran khusus kaki saja atau menerapkan cara untuk mengatasi bau pada kaki yang ada di atas. Dengan begitu, Anda terbebas dari masalah ini dan bisa mendapatkan kembali kepercayaan diri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar