Blog Pribadi Parto | Info Terkini | Hobi Moto

Jumat, 06 September 2019

Perawatan yang Perlu Anda Ketahui Saat Memakai Lampu Headlamp Jenis LED Pada Mobil

lampu headlamp jenis led pada mobil

Lampu merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan terutama mobil. Lampu depan atau headlamp mobil merupakan lampu penerangan utama yang akan memberikan bantuan sinar kepada pengemudi sehingga bisa berkendara dengan aman di sore atau malam hari. Lampu depan juga berfungsi sebagai pemberi tanda pada pengendara lain bahwa ada kendaraan lain yang melintas dari arah sebaliknya. Dengan begitu pengendara lain bisa lebih berhati-hati sehingga keduanya bisa berpapasan dengan aman.

Ada banyak jenis lampu yang digunakan sebagai lampu depan mobil. Namun saat ini, lampu LED merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan. Di waktu lalu, lampu halogen memang masih merajai lampu depan sesuai dengan buatan pabrikan. Namun di era millennium seperti sekarang, produsen mobil sudah memilih lampu led sebagai lampu depan mobil terbaru buatan mereka karena dinilai lebih artistik dan terang. Lampu led juga lebih ekonomis karena memiliki usia pakai yang lebih panjang. Harganya bisa lebih mahal akan tetapi dengan keawetannya, lampu led bisa dipakai lebih lama dibandingkan dengan lampu halogen dengan warna kuningnya.

Bagi Anda yang sekarang ini menggunakan lampu headlamp jenis led pada mobil, ada beberapa hal yang perlu diketahui sehingga dapat merawat lampu tersebut dengan lebih baik dan tepat. Meski pada dasarnya lampu ini minim perawatan, namun jika salah dalam penggunaannya juga bisa menjadikannya kurang awet dari usia pakai yang seharusnya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda perhatikan:

1. Sinar yang Dingin Namun Tetap Menghasilkan Panas
Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa sinar lampu led tidak mengeluarkan panas sehingga juga banyak dipakai sebagai lampu penerangan dalam rumah tangga. Namun Anda tidak boleh lupa bahwa meskipun begitu, akan tetapi lampu led tetap mengeluarkan panas dari bagian belakangnya. Panas yang berlebihan akan tetap memberikan pengaruh buruk pada usia pakai lampu led. Panas yang dikeluarkan oleh lampu itu sendiri memang tak seberapa namun jika peletakan lampu sudah berada di ruangan yang minim ventilasi maka panas akan semakin tinggi dan bisa merusak lampu. Karena itu untuk penggunaan headlamp mobil, perhatikan juga pemasangan fan yang berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara dan pendingin bagi lampu led.

2. Penempatan
Untuk headlamp, sudah ada lokasi yang disediakan sehingga Anda tinggal memilih lampu led yang sesuai dengan seri kendaraan. Penempatan menjadi penting karena lampu led meski tangguh namun jika tidak diletakkan pada tempat yang seharusnya, akan banyak goncangan yang dihasilkan dan bisa merusak lampu led. Satu titik led yang rusak maka akan mempengaruhi nyala yang dihasilkan oleh satu lampu tersebut. Anda juga tak bisa hanya mengganti satu titik itu saja melainkan harus mengganti satu lampu sehingga biaya perawatan menjadi lebih besar. Karena itu pastikan Anda hanya membeli lampu led sesuai dengan seri kendaraan sehingga bisa diletakkan dengan tepat dan aman.

Itulah dua hal yang perlu Anda ketahui dalam penggunaan lampu headlamp mobil jenis led pada mobil. Kelebihannya yang irit dan awet memang menjadi pilihan banyak orang sekarang ini, namun hal tersebut juga bisa berkurang akibat perawatan dan penggunaan yang kurang tepat. Selain untuk lampu utama, lampu led kini juga bisa Anda gunakan untuk lampu kendaraan jenis lainnya misalnya lampu kabut, lampu emergency, sign lamp dan lampu aksesoris untuk mempercantik mobil Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar