Blog Pribadi Parto | Info Terkini | Hobi Moto

Senin, 04 November 2019

Yuk Tingkatkan Citra Perusahaan Dengan Sop Admin Olshop

SOP Admin Olshop

Kemunculan teknologi terbaru, mampu menghasilkan lowongan pekerjaan baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Salah satu pekerjaan yang muncul di era serba teknologi ini, adalah admin online shop. Hal ini semakin diperkuat dengan banyaknya pebisnis baru yang memanfaatkan teknologi untuk menjajakan dagangannya. Ketika anda ingin bekerja dalam bidang ini, yuk kenali apa itu SOP untuk admin online shop. 

Tanggung Jawab Dari Seorang Admin Olshop

1. Memahami dan Dapat Mengoperasikan Komputer Dan Internet
Di era yang serba digital, membuat anda harus bisa mengoperasikan setidaknya komputer dan internet. Terutama dengan software yang sering digunakan oleh admin online shop, seperti aplikasi office, cara mengirim email, browser, dan sebagainya. Hal ini dapat dikatakan sebagai modal utama apabila ingin bekerja sebagai admin online. Untuk menangani tugas seperti orderan hingga cara membalas chat dari konsumen, bisa diadapakan pelatihan khusus.

Karena sebagai admin online, tentu anda harus akrab dengan keberadaan internet. Hal ini berpengaruh besar, lantaran konsumen akan melakukan order melalui media sosial. Tidak hanya itu saja, admin online shop harus membalas chat dari konsumennya dengan sopan dan ramah, terutama jika konsumen membutuhkan bantuan untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang dijual dan layanan apa yang disediakan. 

2. Jadilah Orang Yang Cekatan
Jika ingin bekerja dalam bidang ini, menurut apa itu SOP anda diharuskan memiliki jiwa cekatan dalam mengerjakan sesuatu. Sebab, admin olshop akan menangani beberapa pekerjaan sekaligus, dan jumlahnya juga banyak, mulai dari mengecek setiap barang yang masuk, memproses setiap orderan yang telah masuk, membalas chat ataupun segudang pertanyaan dari konsumen, memproses orderan yang seharusnya sudah paid, mengurus resi pengiriman, dan sebagainya. 

Jiwa cekatan ini harus diasah, terutama ketika orderan dari konsumen sedang banyak banyaknya. Semakin cepat dalam proses pengerjaan, maka konsumen tidak perlu menunggu lama, apalagi hingga membuat konsumen kecewa. Bahkan terkadang, seorang admin online shop harus memproses pesananan konsumen pertama sekaligus menjawab pertanyaan dari konsumennya yang ke dua. Atau bahkan konsumen pertama memesan sambil memberikan pertanyaan yang harus segera dijawab.

3. Membutuhkan Kemampuan Ketelitian Yang  Mumpuni
Seperti yang dikatakan apa itu SOP sebelumnya, seorang admin online shop diharuskan untuk melakukan mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus yang jumlahnya cukup banyak. Semakin banyak pekerjaan yang dilakukannya, tentu daya fokus pun semakin berkurang. Apabila anda tidak teliti dalam melakukan tugas, ada kemungkinan anda akan salah kirim atau salah ketika masuk dalam proses orderan. Oleh karena itu, pekerjaan ini mengharuskan pegawainya untuk teliti dan fokus.

Menjadi seorang admin online shop, tidaklah mudah seperti yang dibayangkan sebelumnya. Pekerjaan ini terlihat santai walaupun sebenarnya membutuhkan konsentrasi tinggi, tingkat fokus yang stabil, dan dikerjakan dengan kepala dingin. Sebab, tidak semua konsumen bertanya dengan sopan dan terkadang semaunya sendiri. Namun seorang admin online shop, diharuskan untuk tetap ramah dan sopan menanggapinya. 

4. Mengasah Sifat Sabar
Alasan kenapa admin online shop memerlukan sifat sabar, karena mereka akan menghandle segala chat dari konsumen, mulai dari pertanyaan yang paling umum dipertanyakan hingga adanya keluhan yang disampaikan. Bahkan tidak jarang, ditemukan konsumen yang mempertanyakan harga produk walaupun sudah tertera jelas di websitenya. Berdasarkan apa itu SOP, untuk menghadapi konsumen seperti ini membutuhkan kesabaran dan tetap memberikan pelayanan terbaik.

Secara umum, tugas dari seorang admin online shop adalah mengelola segala media online yang dimiliki oleh perusahaanya. Media yang sangat umum digunakan untuk para pebisnis online shop adalah instagram, facebook, email, dan sebagainya.  kehadiran admin ini sangat diperlukan untuk meningkatkan citra diri perusahaan. Ketika admin ini tidak mampu mempertahankan atau membuat citra yang baik di mata konsumen, maka berdampak fatal bagi kemajuan perusahaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar